Berita


145 Siswa Kelas IX SMPN 2 Banyuasin III, Ikut Sosialisasi ABM


KAYUARA KUNING – Sosialisasi Asesmen Bakat dan Minat (ABM) baru saja dilaksanakan oleh satuan pendidikan Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 2 Banyuasin III Sekolah Penggerak Angkatan 2 Kabupaten Banyuasin.

Sosialisasi ABM Sekolah Penggerak Angkatan 2 tersebut dilakukan kepada peserta didik kelas IX yang siap masuk Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) sederajat nanti.

ABM penting diikiti siswa dan sekolah untuk mengetashui bakat dan minat siswa sebelum memasuki jenjang SMA sederajat. Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Kepala SMPN 2 Banyuasin III, Elisa Estarini, S.Pd., M,Si.

 Pada saaat pembukaan kegiatan tersebut, kepala sekolah didampingi oleh wakil kesiswaan, wakil kurikulum dan wakil sarana prasarana di ruang pertemuan, pada Jum’at 02 Februari 2024.

Ditegaskan oleh Kepala SMPN 2 Banyuasin III, Elisa Estarini, S.Pd., M,Si, kegiatan sosialisasi ABM diikuti sebanyak 145 peserta didik dari jenjang kelas IX dengan bakat minat yang berbeda.

Tes Bakat dan Minat adalah tes yang digunakan untuk mengetahui arah bakat dan minat peserta didik SMPN 2 Banyuasin III yang beralamat di Kelurahan Kayuara Kuning tersebut.

Tes Bakat dan Minat juga salah satu pilihan solusi yang tepat untuk dapat mengetahui aspek bakat dan minat peserta didik untuk kemudian dapat dilakukan pengembangan yang lebih baik.

Hal tersebut disesuaikan dengan arah kebijakan dari Pusat Asesmen Pendidikan atau lebih dikenal Pusmendik Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Pelayanan ABM di sekolah bertujuan untuk memberikan informasi ke sekolah mengenai potensi siswa pada bidang-bidang khusus berdasarkan aspek yang diukur dan kesesuaian dengan minatnya.

ABM juga bermanfaat untuk memprediksi kemampuan peserta didik untuk melanjutkan belajar ke jenjang SMA sederajat. Sebab Asesmen Bakat dan Minat merupakan tes yang mengukur kemampuan atau potensi umum peserta didik di sini.

Dia menjelaskan, Asesmen tersebut bertujuan untuk memprediksi kemampuan peserta didik dalam mengukur berbagai aspek dalam asesmen tersebut seperti: verbal, kuantitatif, penalaran, figural, mekanikal, penggunaan bahasa, klerikal serta dilengkapi dengan asesmen minat. (muk)


Kembali ke Atas


Berita Lainnya :

Silahkan Isi Komentar dari tulisan berita diatas

Komentar :


   Kembali ke Atas
i