4 Safar 1442 H
PPDB 2020

Login Member
Username:
Password :
Statistik
Pengunjung : 1571102 pengunjung
Hits : 23309 hits
Hari ini : 55 users
Online : 1 users


IP Anda : 23.21.4.239
Browser :
OS:

Ini Dia Cara Membaca Efektif

Tanggal : 02-09-2013 06:03, dibaca 450 kali.

Membaca? Sebagian dari kita malas untuk membaca. Mungkin banyak orang sudah tahu membaca adalah kunci menuju dunia dan buku adalah pintu menuju dunia.

Nah, jika sudah tahu begitu besar manfaat membaca ayo mulai sekarang kita sempatkan waktu kita untuk membaca, walaupun hanya sebentar.

Ini ada cara membaca efektif dan efisien agar ilmu atau informasi yang sudah kita baca dari buku tidak berlalu begitu saja. Ini dia hal yang harus dilakukan agar waktu membaca hasilnya maksimal, yaitu:

  1. Munculkan suasana yang positif. Suasana disini sangat penting untuk masuk tidaknya ilmu yang ada di buku atau bacaan tersebut, jika kondisi hati dan pikiran kita masih kacau atau banyak pikiran bisa dipastikan membaca pun tidak bisa efektif. Ini di karenakan pikiran dan hati kita masih dalam keadaan tidak tenang. Hingga tidak akan bisa menerima bacaan secara maksimal dikarenakan pikiran kita terbagi dengan masalah dan juga bacaan.
  2. Pilih waktu yang bagus. Waktu disini yaitu waktu dimana menurut sahabat bisa tenang dan dalam keadaan yang rileks. Bisa dipagi hari, sore hari sambil bersantai misalnya. Dan ini akan mempermudah otak kita menerima hal-hal yang baru dan bisa menerima secara maksimal.
  3. Tempat yang Ideal. Tempat ini bertujuan agar dikesempatan kita membaca tidak ada ganguan ketidaknyamanan ataupun ketidaksukaan ,jika kita lebih konsentrasi di tempat yang sunyi seperti perpustakaan ataupun di kamar maka kita juga harus memilih tempat yang sunyi untuk membaca atau jika lebih suka tempat yang bersih maka kita juga harus sesuaikan, ini bertujuan agar konsentrasi kita tidak pecah waktu membaca dikarenakan hal -hal yang tidak diinginkan atau tidak disuka.
  4. Baca secara detail. Bacalah bacaan secara detail dan jangan malas juga membaca bagian sampul belakang dan pengantar, ini akan memberikan gambaran bagi pembaca maksud dari buku tersebut sehingga kita bisa lebih memahami maksud dari buku tersebut dan jika kita sudah membaca usahakan perhatikan secara menyeluruh setiap bacaan jika ada yang tidak diketahui tanyakanlah, jangan sampai tidak menghiraukan bacaan yang tidak dimengerti.
  5. Garis bawahi hal yang sangat penting. Garis bawahi disini bukan berarti kita membaca hal yang penting saja atau point-point saja hal ini malah akan membuat pikiran kita hanya menebak-menebak saja maksud dari bacaan buku tersebut, kecuali jika membaca koran atau majalah, kita hanya perlu membaca point pointnya saja atau bahkan jika waktu tidak memadai baca bagian judul topiknya saja. Garis bawahi disini maksudnya garis bawahi hal hal yang penting, agar dilain waktu jika membutuhkan informasi secara rinci kita bisa membaca bagian penting saja dan sahabat sudah mengerti maksudnya.
  6. Berdoa Sebelum dan Sesudah Membaca. Berdoalah agar lebih dijernihkan pikirannya dan cepat menangkap dari setiap isi bacaan agar mendapat manfaat yang lebih dari bacaan tersebut.



Semoga bermanfaat !

(Dikutip dari berbagai sumber)



Pengirim :


Share This Post To :

Kembali ke Atas
Artikel Lainnya :
Komentar FB
Komentar Standar

Komentar Melalui Facebook :




Silahkan Isi Komentar dari tulisan artikel diatas
Nama
E-mail
Komentar

Kode Verifikasi
                

Komentar :


   Kembali ke Atas

Kembali ke atas