4 Rabiul Akhir 1440 H
PPDB 2018
PPDB 2018
Selayang Pandang
Pesan Singkat

25 Nov 2018 15:52:PM
Randy
As a business person, the time and money you put into your marketing efforts is extremely valuable. So why let it go to waste? Our users have seen staggering improvements in conversions with insane growths of 150 percent going upwards of 785 percent. Are you ready to unlock the highest conversion



13 Nov 2018 09:35:AM
Idris
Kepada guru dan TU serta siswa SMPN 2 BA.III dimohon untuk aktif mengunjungi Website SMPN 2 BA.III...



20 Jul 2018 09:07:AM
IDRIS
Jum'at 20 Juli 2018 guru SMPN 2 Banyuasin III mengikuti kegiatan IHT di SMPN 2 Banyuasin III, semoga bermanfaat.



21 Apr 2018 09:15:AM
Henny N
Selamat berjuang anak anak ku tetap semangat semoga keberkahan selallu menyertai kita amin YRA



18 Apr 2018 08:16:AM
IDRIS
Senin tgl 23 April 2018 pelaksanaan UN dan UNBK..persiapkan kelengkapan yg diperlukan jangan sampai terlupa...karena waktu sangat berharga



18 Apr 2018 08:04:AM
IDRIS
permohonan maaf kepada guru, TU dan siswa... aku mohon untuk beraktifitas sesuai dengan tupoksi nya dan jadikan sekolah ini tempat belajar mengajar untuk memberi dan menerima ilmu ...bukan untuk tempat berkumpul mencari berita yg negatif tentang kawan2 sendiri... maaf kalu ini membuat tak nyaman...



24 Nov 2017 19:39:PM
Admin
Selamat Hari Guru, Semoga tetap Amanah dalam melaksanakan tugas



05 Apr 2017 08:10:AM
endang
Hidup akan terasa berharga disaat siswa kita sukses mengejar cita-cita!



08 Mar 2017 11:18:AM
bude
semoga semua guru memperhatikan penampilan siswa-siswi kita sehari-hari



08 Mar 2017 11:09:AM
endang
Biarlah kita kurang dalam kecerdasan namun jangan kalah dalam penampilan ...oke



13 Oct 2016 08:21:AM
Idris
Hari ini Kamis 13 Oktober 2016 jam 08.00 rapat komite sekolah SMPN 2 BA.III, semoga berjalan dengan lancar...amin



05 Dec 2015 10:32:AM
Idris
Senin tgl 7 Desember 2015 ulangan semester 1 th 2015/2016 akan dimulai, semoga siswa tetap semangat tuk mengikutinya, terima kasih



22 Nov 2015 21:02:PM
admin
Bagi siswa kelas IX SMPN 2 Banyuasin III, bisa mengikuti ujian TryOut secara Online... Link ada di banner bagian atas silahkan mendaftar/registrasi dan uji kemampuanmu...



06 Oct 2015 10:23:AM
Idris
Selasa tgl 6 Oktober 2015 guru SMPN 2 mengikuti workshop perangkat Pembelajaran pada program sekolah potensial menuju SSN, selamat mengikuti...



19 Sep 2015 11:10:AM
Idris
silakan kunjungi website smpn 2 BA.III demi lancarnya imformasi penting, makasih..



09 Sep 2015 18:41:PM
Joshua Armando
Semoga SMP 2 Makin sukses dan selalu berprestasi



07 Sep 2015 13:52:PM
aji laksono
semoga smpn 2 ba III tetap maju dan guru guru nyo tambah ganteng dan cantik



15 Aug 2015 19:53:PM
Admin
Dirgahayu RI ke 70



05 Aug 2015 13:59:PM
Nama WIGO
Pesan SMPN2 TERUS MAJU



30 Jul 2015 21:38:PM
IDRIS
Alhamdulillah sejak hari Rabu tgl 28 Juli 2015 Jaringan Internet SMPN 2 Banyuasin III telah siap digunakan dengan menggunakan TOWER...sehingga guru, TU dan siswa akan mudah menggunakannya, semoga SMPN 2 BA,III akan lebih maju dan tamabah jaya...


::

Kurikulum Dalam Dunia Pendidikan

Tanggal : 25-12-2013 08:05, dibaca 1695 kali.

Dalam buku Sejarah Perkembangan Kurikulum SMP  (yang diterbitkan oleh Kemendiknas Dirjen Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama, Tahun 2010) dijelaskan, sejak Indonesia mencapai kemerdekaan pada tahun 1945, pemerintah Republik Indonesia, sesuai amanat UUD 1945, telah mengupayakan pengembangan suatu sistem pendidikan nasional yang diberlakukan di seluruh wilayah tanah air untuk mencerdaskan kehidupan bangsa . Upaya tersebut antara lain dilakukan melalui dikembangkannya kurikulum dari waktu ke waktu . Kurikulum-kurikulum yang telah secara resmi diberlakukan setelah jaman kemerdekaan berturut-turut  kurikulum  1947, 1952, 1968, 1975, 1984, 1994, Standar Isi 2006 (KTSP). Selain itu, telah dikembangkan juga kurikulum  1962 yang diberlakukan sebagian, serta kurikulum 2004 (KBK) yang diujicobakan di sejumlah sekolah.        

Masyarakat awam pun akan berkata bahwa setiap pergantian susunan kepemimpinan pemerintahan otomatis akan berganti menteri termasuk menteri pendidikan. Dampaknya, berganti menteri pendidikan akan berganti pulalah kurikulum. Namun, sebenarnya apa yang mendasari terjadinya perubahan kurikulum itu?

        Lebih lanjut , dalam buku Sejarah Kurikulum di atas dijelaskan,  konsep kurikulum berkembang sejalan dengan perkembangan teori dan praktik pendidikan, juga bervariasi sesuai dengan aliran atau teori pendidikan yang dianut. Kurikulum diartikan dalam banyak pandangan, tergantung dari falsafah yang diyakini. Beberapa pengertian kurikulum  menurut beberapa ahli. Antara lain: kurikulum adalah apa yang diajarkan di sekolah; kurikulum adalah penjelas subjek;  kurikulum adalah isi ; kurikulum adalah program studi; kurikulum adalah satuan materi.  Selain itu, kurikulum  adalah rangkaian pembelajaran;  kurikulum adalah satu kesatuan tampilan objek; kurikulum adalah ilmu pembelajaran;  kurikulum adalah semua yang ada di sekolah, termasuk aktivitas ekstrakulikuler, bimbingan, dan hubungan antara personal; kurikulum adalah apa yang diajarkan di dalam  dan di luar sekolah; kurikulum adalah semua hal yang direncanakan oleh anggota sekolah; kurikulum adalah seri pengalaman yang diberikan melalui pembelajaran di sekolah;  dan kurikulum adalah pengalaman yang diperoleh setiap individu sebagai hasil dari persekolahan.

          Dari definisi ini dapat dilihat bahwa kurikulum dapat diartikan secara khusus sebagai subjek  pembelajaran atau secara umum sebagai pengalaman pembelajaran, di dalam dan di luar sekolah, yang diajarkan di sekolah (Olivia, 1992).

            Dalam pandangan tradisional kurikulum merupakan kumpulan mata-mata pelajaran atau bahan ajaran yang harus disampaikan oleh guru atau dipelajari oleh siswa. Di samping itu kurikulum juga diartikan sebagai suatu rencana yang sengaja dirancang untuk mencapai sejumlah tujuan pendidikan (Nurgiyantoro, 1998, dalam Sejarah Kurikulum). Menurut Nurgiyantoro (1998) konsep kurikulum yang tradisional itu memiliki kecenderungan memfokuskan diri pada rencana pelajaran untuk menyampaikan mata-mata pelajaran (subject matter) kepada anak didik yang biasanya berisi kebudayaan masa lampau atau sejumlah ilmu pengetahuan. Pandangan  tradisional itu menjadikan kurikulum yang dijalankan berpusat pada guru atau disebut Teacher-Centered Curriculum.

          Pada perkembangannya ternyata masyarakat berkeinginan mengubah pandangan tradisional terhadap kurikulum yang memandang guru sebagai pusat. Pandangan barupun muncul dan menginginkan adanya perhatian yang lebih terhadap minat dan kebutuhan anak.

          Sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan masyarakat kurikulum akan selalu mengalami perubahan. Salah satu faktor  penyebab perubahan itu adalah ketidakpuasan masyarakat  dengan hasil pendidikan sekolah dan adanya keinginan untuk selalu memperbaikinya (Nasution, 1980). Oleh karena itu, maka ada pergeseran dalam dunia pendidikan dari subject-centered atau teacher-centered ke student-centered.    

          Pada pertengahan tahun 2013 ini pemerintah melalui Kemendikbud RI mengembangkan kurikulum terbaru yaitu Kurikulum 2013. Kurikulum ini adalah kelanjutan dari kurikulum karakter bangsa yang merupakan penyempurnaan dari Kurikulum Tingkat Satuan Pelajaran (KTSP). Berbagai pendapat pun bermunculan. Pendapat tersebut antara lain Kurikulum 2013 hanya menjadi  beban  para pendidik saja. Kurikulum 2013 hanya merupakan bentuk aplikasi nyata administrasi guru saja.

Belum lagi kurikulum 2013 itu, terkesan dipaksakan karena pelaksanaannya secara mendadak. Hal ini terjadi karena ketika pelaksanaan pelatihan dan pembinaan di lapangan banyak sekali kesan ketidaksiapan dari pihak pelaksana , baik yang ada di tingkat daerah maupun di pusat.Contohnya: waktu pelatihan yang tidak terjadwal dengan baik, kurangnya koordinasi antara pemerintah pusat dan daerah sehingga antara peserta, guru inti, guru pendamping, dan guru sasaran, sempat terjadi tumpang tindih, dan juga pelaksanaan  monitoring yang tidak tepat waktu. Belum lagi, penyediaan dan pendistribusian buku siswa dan buku guru yang tidak tepat sasaran, dan masih banyak lagi.

Namun, pada dasarnya sebenarnya Kurikulum 2013 ini dikembangkan berdasarkan hasil belajar siswa khususnya  pada sikap. Sikap siswa akhir-akhir ini sudah mulai banyak yang menyimpang dari norma-norma sosial. Selama ini terkesan, tidak terjadi penilaian secara khusus pada sikap siswa saat proses pembelajaran berlangsung. Dalam arti kata, penilaian sikap siswa tidak teradministrasi dengan baik. Walaupun, pada kenyataannya sebenarnya jauh sebelum terjadi perubahan kurikulum penilaian sikap dan perilaku sosial siswa sudah menjadi pertimbangan dalam kelulusan dan kenaikan siswa. Oleh karena itu, guru sebagai ujung tombak dunia pendidikan harus melakukan penilaian sikap dan perilaku siswa secara terorganisir dan teradministrasi dengan baik pada saat melakukan proses pembelajaran.

 Melalui aplikasi penilaian yang harus dituangkan dalam Buku Rapor, diharapkan sikap siswa benar-benar menjadi salah satu hal yang mendasar dalam menentukan kenaikan dan kelulusan siswa. Dengan demikian, para siswa sebagai generasi penerus bangsa dan aset negara menjadi sadar bahwa pendidikan itu harus membentuk karakter bangsa yang baik. Karakter ini akan tercermin dari sikap dan perilaku siswa. Semoga harapan yang merupakan harapan para guru,  pendidik, orang tua dan masyarakat  ini dapat terwujud. (MYN)

Penulis: Maryani  



Pengirim : Maryani, S.Pd.


Share This Post To :

Kembali ke Atas
Artikel Lainnya :
Komentar FB
Komentar Standar

Komentar Melalui Facebook :




Silahkan Isi Komentar dari tulisan artikel diatas
Nama
E-mail
Komentar

Kode Verifikasi
                

Komentar :

Pengirim : gordon -  [derby451@hotmail.com]  Tanggal : 09-07-2017 pada 04:5
Wi6bCy http://www.LnAJ7K8QSpkiStk3sLL0hQP6MO2wQ8gO.com

Pengirim : asbofepvuy -  [kcn@emailme.bid]  Tanggal : 28/06/2016
<a href=http://buycleocingel.pro/>buy cleocin gel</a> <a href=http://buyarimidex.xyz/>arimidex</a> <a href=http://nolvadex-online.ru/>nolvadex</a> <a href=http://buy-medrol.webcam/>solu medrol</a> <a href=http://kamagraoraljelly.top/>kamagra</a> <a href=http://crestor.xyz/>crestor</a> <a href=http://viagra-cheap.ru/>viagra cheap</a>

Pengirim : asbofeplb -  [rizzp@emaileverybody.bid]  Tanggal : 31/05/2016
<a href=http://hydrochlorothiazide125mg.top/>hydrochlorothiazide 25 mg tab</a> <a href=http://viagra-soft.click/>check this out</a> <a href=http://buyrimonabant.cricket/>rimonabant</a>

Pengirim : asbofemwr -  [vixnrob@bestemail.bid]  Tanggal : 31/05/2016
http://buysingulair.xyz/ - singulair http://buy-cipro.trade/ - cipro http://glucophageonline.science/ - glucophage medication

Pengirim : asbofenhklu -  [jal@geekemailfreak.bid]  Tanggal : 22/04/2016
http://phenergan.loan/ - phenergan


   Kembali ke Atas

Kembali ke atas