13 Jumadil Akhir 1440 H
Tausiah
Selayang Pandang
Pesan Singkat

25 Nov 2018 15:52:PM
Randy
As a business person, the time and money you put into your marketing efforts is extremely valuable. So why let it go to waste? Our users have seen staggering improvements in conversions with insane growths of 150 percent going upwards of 785 percent. Are you ready to unlock the highest conversion



13 Nov 2018 09:35:AM
Idris
Kepada guru dan TU serta siswa SMPN 2 BA.III dimohon untuk aktif mengunjungi Website SMPN 2 BA.III...



20 Jul 2018 09:07:AM
IDRIS
Jum'at 20 Juli 2018 guru SMPN 2 Banyuasin III mengikuti kegiatan IHT di SMPN 2 Banyuasin III, semoga bermanfaat.



21 Apr 2018 09:15:AM
Henny N
Selamat berjuang anak anak ku tetap semangat semoga keberkahan selallu menyertai kita amin YRA



18 Apr 2018 08:16:AM
IDRIS
Senin tgl 23 April 2018 pelaksanaan UN dan UNBK..persiapkan kelengkapan yg diperlukan jangan sampai terlupa...karena waktu sangat berharga



18 Apr 2018 08:04:AM
IDRIS
permohonan maaf kepada guru, TU dan siswa... aku mohon untuk beraktifitas sesuai dengan tupoksi nya dan jadikan sekolah ini tempat belajar mengajar untuk memberi dan menerima ilmu ...bukan untuk tempat berkumpul mencari berita yg negatif tentang kawan2 sendiri... maaf kalu ini membuat tak nyaman...



24 Nov 2017 19:39:PM
Admin
Selamat Hari Guru, Semoga tetap Amanah dalam melaksanakan tugas



05 Apr 2017 08:10:AM
endang
Hidup akan terasa berharga disaat siswa kita sukses mengejar cita-cita!



08 Mar 2017 11:18:AM
bude
semoga semua guru memperhatikan penampilan siswa-siswi kita sehari-hari



08 Mar 2017 11:09:AM
endang
Biarlah kita kurang dalam kecerdasan namun jangan kalah dalam penampilan ...oke



13 Oct 2016 08:21:AM
Idris
Hari ini Kamis 13 Oktober 2016 jam 08.00 rapat komite sekolah SMPN 2 BA.III, semoga berjalan dengan lancar...amin



05 Dec 2015 10:32:AM
Idris
Senin tgl 7 Desember 2015 ulangan semester 1 th 2015/2016 akan dimulai, semoga siswa tetap semangat tuk mengikutinya, terima kasih



22 Nov 2015 21:02:PM
admin
Bagi siswa kelas IX SMPN 2 Banyuasin III, bisa mengikuti ujian TryOut secara Online... Link ada di banner bagian atas silahkan mendaftar/registrasi dan uji kemampuanmu...



06 Oct 2015 10:23:AM
Idris
Selasa tgl 6 Oktober 2015 guru SMPN 2 mengikuti workshop perangkat Pembelajaran pada program sekolah potensial menuju SSN, selamat mengikuti...



19 Sep 2015 11:10:AM
Idris
silakan kunjungi website smpn 2 BA.III demi lancarnya imformasi penting, makasih..



09 Sep 2015 18:41:PM
Joshua Armando
Semoga SMP 2 Makin sukses dan selalu berprestasi



07 Sep 2015 13:52:PM
aji laksono
semoga smpn 2 ba III tetap maju dan guru guru nyo tambah ganteng dan cantik



15 Aug 2015 19:53:PM
Admin
Dirgahayu RI ke 70



05 Aug 2015 13:59:PM
Nama WIGO
Pesan SMPN2 TERUS MAJU



30 Jul 2015 21:38:PM
IDRIS
Alhamdulillah sejak hari Rabu tgl 28 Juli 2015 Jaringan Internet SMPN 2 Banyuasin III telah siap digunakan dengan menggunakan TOWER...sehingga guru, TU dan siswa akan mudah menggunakannya, semoga SMPN 2 BA,III akan lebih maju dan tamabah jaya...


::
Statistik
Pengunjung : 17683 pengunjung
Hits : 23321 hits
Hari ini : 64 users
Online : 1 users


IP Anda : 34.229.194.198
Browser :
OS:

Pemanfaatan Internet Sebagai Media Pembelajaran

Tanggal : 31-01-2019 09:13, dibaca 33 kali.

Internet, singkatan dari interconection and networking, adalah jaringan informasi global, yaitu,“the largest global network of computers, that enables people throughout the world to connect with each other¨. Internet diluncurkan pertama kali oleh J.C.R. Licklider dari MIT (Massachusetts Institute Technology) pada bulan Agustus 1962.Untuk dapat menggunakan internet diperlukan sebuah komputer (memori minimal 4 mega), hard disk yang cukup, modem (berkecepatan minimal 14.400), sambungan telepon (multifungsi: telepon, faksimile, dan internet), ada program Windows, dan harus tahu cara mengoperasikannya. Selanjutnya hubungi provider terdekat. Andaikan semua prasyarat tadi tidak dimiliki, cukup mendatangi warnet (warung internet) terdekat yang banyak terdapat di kota-kota besar, kita dapat mengakses situs-situs apa saja sesuai dengan kebutuhan kita. Internet disebut juga media massa kontemporer, karena memenuhi syarat-syarat sebagai sebuah media massa, seperti: ditujukan kepada sejumlah khalayak yang tersebar, heterogen, dan anonim serta melewati media cetak atau elektronik, sehingga pesan informasi yang sama dapat diterima secara serentak dan sesaat oleh khalayaknya.

Pemanfaatan internet sebagai media pembelajaran mengkondisikan siswa untuk belajar secara mandiri. “Through independent study, students become doers, as well as thinkers” (Cobine, 1997). Para siswa dapat mengakses secara online dari berbagai perpustakaan, museum, database, dan mendapatkan sumber primer tentang berbagai peristiwa sejarah, biografi, rekaman, laporan, data statistik, (Gordin et. al., 1995). Informasi yang diberikan server-computers itu dapat berasal dari commercial businesses (.com), goverment services (.gov), nonprofit organizations (.org), educational institutions (.edu), atau artistic and cultural groups (.arts)

Siswa dapat berperan sebagai seorang peneliti, menjadi seorang analis, tidak hanya konsumen informasi saja. Mereka menganalisis informasi yang relevan dengan pembelajaran dan melakukan pencarian yang sesuai dengan kehidupan nyatanya (real life). Siswa dan guru tidak perlu hadir secara fisik di kelas (classroom meeting), karena siswa dapat mempelajari bahan ajar dan mengerjakan tugas-tugas pembelajaran serta ujian dengan cara mengakses jaringan komputer yang telah ditetapkan secara online. Siswa dapat belajar bekerjasama (collaborative) satu sama lain. Mereka dapat saling berkirim e-mail (electronic mail) untuk mendiskusikan bahan ajar. Selain mengerjakan tugas-tugas pembelajaran dan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan guru siswa dapat berkomunikasi dengan teman sekelasnya.

Pemanfaatan internet sebagai media pembelajaran memiliki beberapa kelebihan sebagai berikut:
1.    Dimungkinkan terjadinya distribusi pendidikan ke semua penjuru tanah air dan kapasitas daya tampung yang tidak terbatas karena tidak memerlukan ruang kelas.
2.    Proses pembelajaran tidak terbatas oleh waktu seperti halnya tatap muka biasa.
3.    Pembelajaran dapat memilih topik atau bahan ajar yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan masing-masing.
4.    Lama waktu belajar juga tergantung pada kemampuan masing-masing pembelajar/siswa.
5.    Adanya keakuratan dan kekinian materi pembelajaran.
6.    Pembelajaran dapat dilakukan secara interaktif, sehingga menarik pembelajar/siswa; dan memungkinkan pihak berkepentingan (orang tua siswa maupun guru) dapat turut serta menyukseskan proses pembelajaran, dengan cara mengecek tugas-tugas yang dikerjakan siswa secara online.
Perkembangan/kemajuan teknologi internet yang sangat pesat dan me-rambah ke seluruh penjuru dunia telah dimanfaatkan oleh berbagai negara, institusi, dan ahli untuk berbagai kepentingan termasuk di dalamnya untuk pendidikan/pembelajaran. Berbagai percobaan untuk mengembangkan perang-kat lunak (program aplikasi) yang dapat menunjang upaya peningkatan mutu pendidikan/pembelajaran terus dilakukan. Perangkat lunak yang telah dihasilkan akan memungkinkan para pengembang pembelajaran (instructional developers) bekerjasama dengan ahli materi (content specialists) mengemas materi pembelajaran elektronik (online learning material).  Pembelajaran melalui internet di Sekolah Dasar dapat diberikan dalam beberapa format (Wulf, 1996), di antaranya adalah: (1) Electronic mail (delivery of course materials, sending in assignments, getting and giving feedback, using a course listserv., i.e., electronic discussion group, (2) Bulletin boards/newsgroups for discussion of special group, (3) Downloading of course materials or tutorials, (4) Interactive tutorials on the Web, dan (5) Real time, interactive conferencing using MOO (Multiuser Object Oriented) systems or Internet Relay Chat.

Setelah bahan pembelajaran elektronik dikemas dan dimasukkan ke dalam jaringan sehingga dapat diakses melalui internet, maka kegiatan berikutnya yang perlu dilakukan adalah mensosialisasikan ketersediaan program pembelajaran tersebut agar dapat diketahui oleh masyarakat luas khususnya para calon peserta didik. Para guru juga perlu diberikan pelatihan agar mereka mampu mengelola dengan baik penyelenggaraan kegiatan pembelajaran melalui intenet. Karakteristik/potensi internet sebagaimana yang telah diuraikan di atas tentunya masih dapat diperkaya lagi dengan yang lainnya.  Namun, setidak-tidaknya ketiga karakteristik/potensi internet tersebut dipandang sudah memadai sebagai dasar pertimbangan untuk penyelenggaraan kegiatan pembelajaran melalui internet.

Sumber : https://asikbelajar.com/pemanfaatan-internet-sebagai-media/



Pengirim :


Share This Post To :

Kembali ke Atas
Artikel Lainnya :
Komentar FB
Komentar Standar

Komentar Melalui Facebook :




Silahkan Isi Komentar dari tulisan artikel diatas
Nama
E-mail
Komentar

Kode Verifikasi
                

Komentar :


   Kembali ke Atas

Kembali ke atas