11 Jumadil Akhir 1440 H
Tausiah
Selayang Pandang
Pesan Singkat

25 Nov 2018 15:52:PM
Randy
As a business person, the time and money you put into your marketing efforts is extremely valuable. So why let it go to waste? Our users have seen staggering improvements in conversions with insane growths of 150 percent going upwards of 785 percent. Are you ready to unlock the highest conversion



13 Nov 2018 09:35:AM
Idris
Kepada guru dan TU serta siswa SMPN 2 BA.III dimohon untuk aktif mengunjungi Website SMPN 2 BA.III...



20 Jul 2018 09:07:AM
IDRIS
Jum'at 20 Juli 2018 guru SMPN 2 Banyuasin III mengikuti kegiatan IHT di SMPN 2 Banyuasin III, semoga bermanfaat.



21 Apr 2018 09:15:AM
Henny N
Selamat berjuang anak anak ku tetap semangat semoga keberkahan selallu menyertai kita amin YRA



18 Apr 2018 08:16:AM
IDRIS
Senin tgl 23 April 2018 pelaksanaan UN dan UNBK..persiapkan kelengkapan yg diperlukan jangan sampai terlupa...karena waktu sangat berharga



18 Apr 2018 08:04:AM
IDRIS
permohonan maaf kepada guru, TU dan siswa... aku mohon untuk beraktifitas sesuai dengan tupoksi nya dan jadikan sekolah ini tempat belajar mengajar untuk memberi dan menerima ilmu ...bukan untuk tempat berkumpul mencari berita yg negatif tentang kawan2 sendiri... maaf kalu ini membuat tak nyaman...



24 Nov 2017 19:39:PM
Admin
Selamat Hari Guru, Semoga tetap Amanah dalam melaksanakan tugas



05 Apr 2017 08:10:AM
endang
Hidup akan terasa berharga disaat siswa kita sukses mengejar cita-cita!



08 Mar 2017 11:18:AM
bude
semoga semua guru memperhatikan penampilan siswa-siswi kita sehari-hari



08 Mar 2017 11:09:AM
endang
Biarlah kita kurang dalam kecerdasan namun jangan kalah dalam penampilan ...oke



13 Oct 2016 08:21:AM
Idris
Hari ini Kamis 13 Oktober 2016 jam 08.00 rapat komite sekolah SMPN 2 BA.III, semoga berjalan dengan lancar...amin



05 Dec 2015 10:32:AM
Idris
Senin tgl 7 Desember 2015 ulangan semester 1 th 2015/2016 akan dimulai, semoga siswa tetap semangat tuk mengikutinya, terima kasih



22 Nov 2015 21:02:PM
admin
Bagi siswa kelas IX SMPN 2 Banyuasin III, bisa mengikuti ujian TryOut secara Online... Link ada di banner bagian atas silahkan mendaftar/registrasi dan uji kemampuanmu...



06 Oct 2015 10:23:AM
Idris
Selasa tgl 6 Oktober 2015 guru SMPN 2 mengikuti workshop perangkat Pembelajaran pada program sekolah potensial menuju SSN, selamat mengikuti...



19 Sep 2015 11:10:AM
Idris
silakan kunjungi website smpn 2 BA.III demi lancarnya imformasi penting, makasih..



09 Sep 2015 18:41:PM
Joshua Armando
Semoga SMP 2 Makin sukses dan selalu berprestasi



07 Sep 2015 13:52:PM
aji laksono
semoga smpn 2 ba III tetap maju dan guru guru nyo tambah ganteng dan cantik



15 Aug 2015 19:53:PM
Admin
Dirgahayu RI ke 70



05 Aug 2015 13:59:PM
Nama WIGO
Pesan SMPN2 TERUS MAJU



30 Jul 2015 21:38:PM
IDRIS
Alhamdulillah sejak hari Rabu tgl 28 Juli 2015 Jaringan Internet SMPN 2 Banyuasin III telah siap digunakan dengan menggunakan TOWER...sehingga guru, TU dan siswa akan mudah menggunakannya, semoga SMPN 2 BA,III akan lebih maju dan tamabah jaya...


::
Statistik
Pengunjung : 17455 pengunjung
Hits : 22859 hits
Hari ini : 52 users
Online : 2 users


IP Anda : 3.80.60.248
Browser :
OS:

Uji Publik Kurikulum 2013

Tanggal : 24-01-2013 21:22, dibaca 297 kali.

Uji Publik Kurikulum 2013: Penyederhanaan, Tematik-Integratif
Pengembangan Kurikulum 2013 dilakukan dalam empat tahap. Pertama, penyusunan kurikulum di lingkungan internal Kemdikbud dengan melibatkan sejumlah pakar dari berbagai disiplin ilmu dan praktisi pendidikan. Kedua, pemaparan desain Kurikulum 2013 di depan Wakil Presiden selaku Ketua Komite Pendidikan yang telah dilaksanakan pada 13 November 2012 serta di depan Komisi X DPR RI pada 22 November 2012. Ketiga, pelaksanaan uji publik guna mendapatkan tanggapan dari berbagai elemen masyarakat. Salah satu cara yang ditempuh selain melalui saluran daring (on-line) pada laman http://kurikulum2013.kemdikbud.go.id , juga melalui media massa cetak. Tahap keempat, dilakukan penyempurnaan untuk selanjutnya ditetapkan menjadi Kurikulum 2013. Inti dari Kurikulum 2013, adalah ada pada upaya penyederhanaan, dan tematik-integratif. Kurikulum 2013 disiapkan untuk mencetak generasi yang siap di dalam menghadapi masa depan. Karena itu kurikulum disusun untuk mengantisipasi perkembangan masa depan. Titik beratnya, bertujuan untuk mendorong peserta didik atau siswa, mampu lebih baik dalam melakukan observasi, bertanya, bernalar, dan mengkomunikasikan (mempresentasikan), apa yang mereka peroleh atau mereka ketahui setelah menerima materi pembelajaran. Adapun obyek yang menjadi pembelajaran dalam penataan dan penyempurnaan kurikulum 2013 menekankan pada fenomena alam, sosial, seni, dan budaya. Melalui pendekatan itu diharapkan siswa kita memiliki kompetensi sikap, ketrampilan, dan pengetahuan jauh lebih baik. Mereka akan lebih kreatif, inovatif, dan lebih produktif, sehingga nantinya mereka bisa sukses dalam menghadapi berbagai persoalan dan tantangan di zamannya, memasuki masa depan yang lebih baik. Pelaksanaan penyusunan kurikulum 2013 adalah bagian dari melanjutkan pengembangan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) yang telah dirintis pada tahun 2004 dengan mencakup kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan secara terpadu, sebagaimana amanat UU 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pada penjelasan pasal 35, di mana kompetensi lulusan merupakan kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan sesuai dengan standar nasional yang telah disepakati. Paparan ini merupakan bagian dari uji publik Kurikulum 2013, yang diharapkan dapat menjaring pendapat dan masukan dari masyarakat. Menambah Jam Pelajaran Strategi pengembangan pendidikan dapat dilakukan pada upaya meningkatkan capaian pendidikan melalui pembelajaran siswa aktif berbasis kompetensi; efektivitas pembelajaran melalui kurikulum, dan peningkatan kompetensi dan profesionalitas guru; serta lama tinggal di sekolah dalam arti penambahan jam pelajaran. Skema 1. menyajikan tentang Strategi Peningkatan Efektivitas Pembelajaran. Sedang gambar 1. menggambarkan tentang strategi meningkatkan capaian pendidikan, yang digambarkan melalui sumbu x (efektivitas pembelajaran melalui kurikulum, dan peningkatan kompetensi dan prefesionalitas guru), y (pembelajaran siswa aktif berbasis kompetensi) dan z (lama tinggal di sekolah dalam arti penambahan jam pelajaran). Rasionalitas penambahan jam pelajaran dapat dijelaskan bahwa perubahan proses pembelajaran (dari siswa diberi tahu menjadi siswa mencari tahu) dan proses penilaian (dari berbasis output menjadi berbasis proses dan output) memerlukan penambahan jam pelajaran. Di banyak negara, seperti AS dan Korea Selatan, akhirakhir ini ada kecenderungan dilakukan menambah jam pelajaran. Diketahui juga bahwa perbandingan dengan negara-negara lain menunjukkan jam pelajaran di Indonesia relatif lebih singkat. Bagaimana dengan pembelajaran di Finlandia yang relatif singkat. Jawabnya, di negara yang tingkat pendidikannya berada di peringkat satu dunia, singkatnya pembelajaran didukung dengan pembelajaran tutorial yang baik. Penyusunan kurikulum 2013 yang menitikberatkan pada penyederhanaan, tematik-integratif mengacu pada kurikulum 2006 di mana ada beberapa permasalahan di antaranya; (i) konten kurikulum yang masih terlalu padat, ini ditunjukkan dengan banyaknya mata pelajaran dan banyak materi yang keluasan dan tingkat kesukarannya melampaui tingkat perkembangan usia anak; (ii) belum sepenuhnya berbasis kompetensi sesuai dengan tuntutan fungsi dan tujuan pendidikan nasional; (iii) kompetensi belum menggambarkan secara holistik domain sikap, keterampilan, dan pengetahuan; beberapa kompetensi yang dibutuhkan sesuai dengan perkembangan kebutuhan (misalnya pendidikan karakter, metodologi pembelajaran aktif, keseimbangan soft skills dan hard skills, kewirausahaan) belum terakomodasi di dalam kurikulum; (iv) belum peka dan tanggap terhadap perubahan sosial yang terjadi pada tingkat lokal, nasional, maupun global; (v) standar proses pembelajaran belum menggambarkan urutan pembelajaran yang rinci sehingga membuka peluang penafsiran yang beraneka ragam dan berujung pada pembelajaran yang berpusat pada guru; (vi) standar penilaian belum mengarahkan pada penilaian berbasis kompetensi (proses dan hasil) dan belum secara tegas menuntut adanya remediasi secara berkala; dan (vii) dengan KTSP memerlukan dokumen kurikulum yang lebih rinci agar tidak menimbulkan multi tafsir. Skema 2 menggambarkan tentang kesenjangan kurikulum yang ada pada konsep kurikulum saat ini dengan konsep ideal. Kurikulum 2013 mengarah ke konsep ideal. Sedang skema 3 menjelaskan alasan terhadap pengembangan kurikulum 2013 Sumber : http://kemdikbud.go.id/kemdikbud/uji-publik-kurikulum-2013-1



Pengirim : teddy


Share This Post To :

Kembali ke Atas
Artikel Lainnya :
Komentar FB
Komentar Standar

Komentar Melalui Facebook :




Silahkan Isi Komentar dari tulisan artikel diatas
Nama
E-mail
Komentar

Kode Verifikasi
                

Komentar :


   Kembali ke Atas

Kembali ke atas